Liburan Murmer, Snorkling (lagi) di Gili

7 Jan 2009

gili1.jpg

Gak pernah bosan rasanya berenang menikmati keindahan bawah laut, ikan-ikan dan terumbu karang alias snorkling. Salah satu lokasi yang bagus untuk snorkling adalah Gili Islands di Lombok. Gili Islands terdiri dari 3 pulau: Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah tujuan saya karena pulaunya lebih indah.

gili4.jpg

Jalan-jalan ke Trawangan bisa dibilang cukup murah. Untuk mencapai Gili Trawangan, dibutuhkan waktu setengah jam dari Lombok dengan menumpangi boat. Biayanya cuma 10 ribu Rupiah (sekali nyebrang). Tapi kalau mau sewa boat secara pribadi juga bisa, lebih mahal tentunya.

Gak ada yang istimewa dari snorkling saya kali ini, karena memang sudah pernah. Aktivitasnya hanya melihat terumbu karang, ikan-ikan indah yang berwarna-warni, sama perbatasan laut dangkal (yang masih banyak karangnya) dengan laut dalam. Merinding pas liat laut yang dalam, serasa mau kesedot gitu, hiiiii..

Sebenarnya sih pengen diving, tapi berhubung tiba di Gili Trawangan sudah siang, nanggung kalau mau diving secara kapal penyeberangan hanya sampai sore saja.

Sebelum snorkling, saya menyempatkan diri berpanas-panasan mengelilingi Trawangan dengan menyewa sepeda. Pulau ini memang kecil, orang-orang biasanya mengelilingi Trawangan dengan menggunakan jasa andong (kalau di Lombok disebut Cidomo).

gili3.jpg

Menurut saya lebih asyik naik sepeda karena kita bisa mampir ke sana ke sini, foto-foto, cari karang, dll. Kalau naik andong, kita hanya duduk menikmati sekeliling saja.

Sewa sepeda juga cukup murah, sejamnya 20 ribu. Tapi kalau semakin lama semakin murah. Untuk mengelilingi Trawangan, sewa 2 jam saja sudah cukup dan akan dikenakan biaya 35 ribu. Apalagi saya sepedaan pas siang2 bolong. Oya, kalau gak mau gosong sebaiknya pakai sunblock yaaa.. ;)

Usai sepedaan, barulah saya menuju tempat persewaan peralatan snorkling. Sewa peralatan ini juga murah, berkisar 20 ribu sepuasnya (setelah ditawar). Terdiri dari kacamata snorkling, kaki katak dan pelampung.

Oya, harga makanan di Gili Trawangan juga standar. Saya makan siang nasi goreng spesial cuma dikenakan harga 27 ribuan. Cukup murah kan? Setidaknya untuk kawasan wisata yang banyak turisnya :-P

Ditotal-total, saya hanya menghabiskan uang sekitar Rp 120.000 untuk wisata ke Gili Trawangan, yang terdiri dari:

Nyebrang dari Lombok-Trawangan PP (Rp 20.000) + sewa sepeda (Rp 35.000) + makan siang plus minum (Rp 40.000) + snorkling (Rp 20.000) + air mineral botol besar (Rp 5.000)

Selamat menikmati Gili Trawangan dan keindahan bawah lauuuuuttt…..


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post