Diet Salah Kaprah!

28 Jan 2009

diet.jpg ‘Gemuk’ tidak hanya menjadi momok bagi kebanyakan wanita, tapi juga pria. Alasannya beragam, gemuk dapat mengganggu penampilan hingga dapat mengganggu kesehatan.

Kalau sudah kegemukan, bermacam upaya dilakukan demi mencapai bobot yang diinginkan, salah satunya diet. Tapi sayang, banyak yang salah kaprah soal diet.

Saya jadi teringat teman kuliah saya dulu yang termakan ‘rayuan’ selebaran kertas brosur yang didapatnya saat di jalan. Pada selebaran itu disebutkan kalau berat badan bisa turun 2-3 kilogram hanya dalam waktu beberapa hari. Caranya gampang, cukup minum air kelapa racikan khusus dari mereka.

Kebetulan saat itu kampus kami sedang ujian semesteran. Saya marah ke teman saya karena dia ngotot melanjutkan program dietnya itu (memasuki hari ke-3) dengan hanya minum air kelapa, tapi tidak makan nasi.


Gimana saya gak marah? Mukanya sudah pucat dan dia terlihat sangat lemas sekali, padahal dia harus belajar untuk persiapan ujian.

“Belajar dan ujian itu butuh energi. Energi didapat kalau ada nutrisi yang masuk ke tubuh. Diet bukan berarti gak makan!” kataku kepadanya.

Temen saya akhirnya pingsan karena lemas tak makan. Saya makin mangkel karena dia tetep aja gak mau makan pas udah sadar :)) “Pilih mana? Sakit gak bisa ikut ujian atau diet biar langsing?” gertakku.

Heran deh! Kenapa akal sehat jadi terkalahkan gitu yaa demi tubuh langsing?

Padahal sebenarnya kan kelebihan berat badan itu terjadi karena berlebihnya jumlah kalori yang masuk ke tubuh dibanding jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Diet yang terlalu ketat dan drastis dalam jangka waktu pendek justru akan memberikan efek samping yang dapat merugikan kesehatan.

Kalau mau mengurangi berat badan berarti kita harus membatasi jumlah kalori yang masuk. TAPI, bukan berarti kita harus mengurangi porsi makan. Yang ada malah kekurangan gizi :p

Contoh diet yang baik misalnya, pagi jam 7 minum susu atau jus buah, lalu jam 10 nyamil biskuit beberapa biji aja. Pas siang, makan seperti biasa.. lalu sore harinya diselingi lagi nyamil biskuit beberapa biji. Nah, saat malam, usahakan gak makan nasi.. makan buah aja lagi, jangan biskuit. Kunci sukses lainnya: rajin olahraga!

Saya pribadi lebih suka dengan pola diet seperti ini. Jujur aja, gak bisa kalau disuruh berjauhan dari makanan. Paling saya berusaha mengurangi makan malam aja. Tapi berhubung olahraga kurang jadinya ya tetep aja gemuk, hahahaaa…


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post