‘Celengan’ di Kereta Belanja

29 Jan 2009

shoppingcart.jpgSiapa yang tak kenal Carrefour, hypermarket nomor satu yang saat ini berkuasa di Indonesia. Kali ini saya bukan akan membahas mengenai Carrefour di Indonesia, atau pelayanannya. Tapi soal kereta belanja di salah satu Carrefour yang pernah saya kunjungi.

Ada yang unik mengenai kereta belanja beroda ini ketika saya berbelanja di Carrefour di Barcelona, Spanyol (di daerah La Rambla, deket Placa de Catalunya).

Uniknya apa? Pada bagian pegangannya terdapat tempat untuk memasukkan uang koin (kayak celengan gitu).

Pelanggan yang mau menggunakan kereta ini harus memasukkan uang koin senilai minimal 50 sen Euro (1-2 Euro juga bisa). Setelah uang koin dimasukkan, barulah kereta tersebut bisa lepas dari deretan kereta lainnya.

Awalnya saya berpikir karena mungkin smua serba bayar di Eropa. Sebagai contoh, pipis di Starbuck saja (di Madrid) harus memasukkan kode password dulu. Artinya, yang bisa pipis di situ adalah yang beli Starbuck saja karena kode passwordnya ada di slip pembelian.

Kembali ke soal kereta, rupanya koin tersebut gunanya agar pembeli lebih tertib usai memakai kereta belanja.

Kalau mau uang tadi kembali, maka kita harus mengembalikan kereta tadi ke tempatnya dengan cara men’ceklekkan’nya ke deretan kereta yang ‘parkir’ di tempatnya. Kalau tidak, uang koin tadi (kayaknya) diperuntukkan sebagai tips untuk pekerja di sana yang bersusah payah memeras keringat (ya elah kata-katanya berlebihan banget :p) mengumpulkan dan merapikan kereta yang berserakan di sembarang tempat.

Tanpa bermaksud membandingkan, di Indonesia pada umumnya pembeli meletakkan kereta belanja di sembarang tempat, termasuk di tempat parkir, usai berbelanja. Jarang sekali yang ada mengembalikannya ke tempat semula. Contoh kasus tadi kayaknya bisa juga diterapin di tanah air, biar masyarakat lebih tertib dan petugas lebih produktif mengerjakan pekerjaannya yang lain :)

Setuju???


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post