Kick-off Pelatihan Komputer untuk Guru-guru

16 Oct 2009

pelatihan-guru

Hari ini, Jumat (16/10/2009), pelatihan komputer dan internet untuk guru-guru sekolah memulai debut perdananya. Sekitar 10 orang guru dari sekolah sekitar datang berbondong-bondong ke basecamp ICT Watch untuk menggali ilmu di lab komputer ICT Watch.

Pelatihan ini merupakan salah satu program Internet Sehat versi rakyat yang mengusung tema Open Community for Open Knowledge. Artinya, kegiatan berbagi ilmu pengetahuan ini didasari semangat pemberdayaan masyarakat, dilakukan dari komunitas, oleh komunitas dan untuk komunitas. Satu lagi, tujuan kegiatan ini murni non-profit!

Pelatihan hanya berlangsung satu jam, sebagai perkenalan awal saja biar nggak kaget. Maklum, mayoritas guru yang ikut pelatihan bisa dibilang masih gaptek. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sama sekali belum pernah mengoperasikan komputer.

Para guru antusias menyimak pemaparan singkat tim pengajar tentang komputer, perangkat keras (hardware) komputer dan fungsinya. Mereka seakan tak sabar untuk dapat segera mempraktekkan cara mengoperasikan komputer. Pengenalan jenis-jenis software, serta sistem operasi open source dan proprietary (berbayar) pun tak lupa disampaikan kepada guru-guru, berikut dengan pemaparan plus minus menggunakan sistem operasi open source dan proprietary.

Untuk selanjutnya, pelatihan akan dilakukan rutin 2x seminggu. Materi yang akan diajarkan antara lain: pengenalan komputer dan sistem operasi, aplikasi pengolah kata, spreadsheet dan presentasi, pemanfaatan internet untuk menunjang aktifitas pendidikan, dan blog sebagai sarana belajar mengajar.

Ke depannya, sejumlah relawan akan dilibatkan dalam program ini. Info lebih lanjut, silakan kunjungi situs Internet Sehat.


TAGS komputer internet pelatihan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post